Wakil Bupati

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

  Hit Today : 43
  Total Hit : 198304
  Visitor Online : 2
  Total Visitor : 25025
  IP Anda : 54.227.51.103

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas Utara Sumatera Selatan

Home Halaman LETAK GEOGRAFIS, LUAS WILAYAH, DAN IKLIM

LETAK GEOGRAFIS, LUAS WILAYAH, DAN IKLIM

Diposting Tanggal: 24 Juni 2016 | Dilihat : 227 Orang

      Secara geografis, letak Kabupaten Musi Rawas Utara yang merupakan salah satu kabupaten paling barat di provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu di bagian barat, Provinsi Jambi di bagian utara, Kabupaten Musi Rawas di bagian selatan dan Kabupaten Musi Banyuasin di bagian timur.

      Kabupaten Musi Rawas Utara secara keseluruhan memiliki luas wilayah 600.865,51 Ha. Wilayah terluas dimiliki oleh Kecamatan Ulu Rawas dengan luas mencapai 24,18 persen dari total luas wilayah kabupaten ini.



      Lahan di Kabupaten Musi Rawas Utara paling banyak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian bukan sawah, yang mencapai 48,45 persen dari total luas lahan. 21,75 persen diantaranya merupakan lahan perkebunan, baik yang dimiliki dan dikelola oleh rakyat maupun oleh perusahaan. Sementara itu, lahan yang dimanfaatkan untuk sawah hanya sebesar 0,97 persen dari total luas kabupaten ini.

      Wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara dialiri oleh dua sungai utama yang umumnya dapat dilayari, yakni Sungai Rupit dan sungai Rawas. Selain itu, masih terdapat sungai-sungai lainya yang merupakan anak sungai-sungai utama tersebut.

      Selain memiliki sungai-sungai besar, di Kabupaten ini juga terdapat beberapa danau, dianataranya Danau Raya di Kecamatan Rupit. Selain sebagai penampung air, danau juga merupakan potensi wisata bagi kabupatrn Musi Rawas Utara.