BUPATI MURATARA

WAKIL BUPATI MURATARA

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

  Hit Today : 413
  Total Hit : 60022
  Visitor Online : 3
  Total Visitor : 12599
  IP Anda : 54.81.196.35

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas Utara Sumatera Selatan

Home UMUM Pembukaan MTQ Disambut Antusias Masyarakat Karang Dapo

Pembukaan MTQ Disambut Antusias Masyarakat Karang Dapo

Diposting Tanggal: 20 Feb 2018 | Dilihat : 268 Orang | UMUM

MURATARA - Pelaksanaa  pembukaan penyelenggaraan Musabaqo Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), yang diselenggarakan di Kecamatan Karang Dapo sukses digelar.

Dimana dalam perosesi pembukaa  MTQ ke-IV dipusatkan dilapangan Kelurahan Karang Dapo RT 08. Yang dihadiri langsung oleh Bupati Muratara H.M Syarif Hidayat, Seketaris Daerah (Setda) Muratara, H. Abdullah Makcik, Ketua TP-PKK Muratara Lia Mustika, DPRD yang diwakili, Kapolres Mura-Muratara diwakili, Dandim 0406, Ketua LPTQ Muratara, Ketua MUI Muratara, Ketua FKUB Muratara, Kepala OPD, Camat, Kades dan para Tokoh agama, pemuda dan Masyarakat.

Acara pembukaan MTQ tersebut dibuka pada pukul 14.00 Wib yang disambut antusias Masyarakat Kecamatan Karang Dapo. Dan di meriakan berbagai penampilan dari dukungan pemuda dan pelajar wilayah Kecamatan Karang Dapo. 

Kedatangan Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat dan Ibu Ketua PKK Muratara Lia Mustika beserta rombongan disambut oleh pelajar-pelajar SD hingga tingkat SMA serta penampilan tari sambut, tari seni moderen dari sanggar seni Kecamatan Karang Dapo, Marching Band tingkat SMA dan SMP, serta penampilan silat yang ikut memeriakan rangkaian acara.

Didalam rangkaian pembukaan tersebut juga dilantik dan dikokohkanya Dewan Hakim MTQ tingkat Kabupaten Muratara yang ke-IV.

Ketua Pelaksana Kabag Kesra Muratara, Nawawi mengatakan MTQ Kabupaten Muratara tahun ini mengusung tema 'dengan cahaya Al-Qur'an, wujudkan Mansyarakat berakhlak mulia dan bermartabat' dengan mengambil Sub Tema 'Melalui MTQ ke-IV kita budayakan Masyarakat membaca dan mengamalkan Al-Qqur'an untuk mewujudkan Muratara berakhlak mulua, cerdas dan bermartabat.

"Dimana MTQ diikuti setiap kecamatan dari 7 Kecamatan yang ada dengan total peserta 246 orang dan 17 orang official. Dengan rincian Kapila Kecamatan Karang Jaya 36 peserta. Laki-laki 19 orang, perempuan 17 orang, Kapila Kecamatan Karang Jaya 11 peserta. Laki-laki 6 orang perempuan 5 orang, Kapila Kecamatan Rawas Ulu 43 peserta. Laki-laki 21 dan perempuan 22 orang, Kapila Rawas Ilir 28 peserta. Laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang, Kapila Kecamatan Rupit 54 peserta. Laki-laki 27 orang dan perempuan 27 orang, Kapila Kecamatan 44 peserta. Laki-laki 23 orang dan perempuan 21 orang, sementara Kapila Kecamatan Ulu Rawas 30 Peserta. Laki-laki 18 orang dan perempuan 12 orang," kata Nawawi, kemarin.

Dilanjutkanya, pelaksanaan MTQ akan berlangsung hingga Sabtu (24/02) mendatang. Dengan dasar surat keputusan Bupati Muratara No. 256/KPTS/MRU/V tahun 2018 tentang pembentukan panitia, dewan hakim dan panitera musabaqoh tilawatil Quran.

Sementara untuk cabang lomba MTQ diantaranya ada cabang lomba Tilawah, Tahfidz, tafsir, fahmil Alquran, Syahril Alquran dan cabang Khath Alquran, jelas Kesra.

Sementara itu, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan lomba MTQ tidaklah asing dihalayak masyarakat. Namun MTQ ini dalam rangka menjaring Qori dan Qori'ah yang selanjutnya akan melanjutkan MTQ tingkat Provinsi dan dilanjutkan ketingkat Nasional.

Dijelaskan H.M Syarif Hidayat bahwa kegiatan MTQ sebagai peneguhan siyar islam. Juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran Alquran yang berlangsung di Masyarakat Muratara. 

"Sehingga tujuan Allah SWA menurunkan Alquran sebagai bacaan sekaligus pedoman bagi umat. Sehingga membaca dan mengamalkan Alquran merupakan bagian dari ibadah," ungkap ia.

Untuk itu, melalui MTQ Muratara, H.M Syarif Hidayat mengajak masyarakat Muratara mari menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikma yang terkandung dalam Alquran sebagai pedoman kehidupan.

Dikesempatan yang sama dirinya juga mengucapkan selamat berlomba pada peserta setiap kapila dan berharap setiap peserta yang ikut dalam lomba dapat membawa manfaat mengaktualisasikan siyar islam secara indah.

Dirinya berpesan kepada dewan juri agar memberi nilai jujur, objektif, dan bertanggung jawab guna merahirkan qori dan kori'ah Muratara untuk mengikuti ketingkat Provinsi hingga Nasional, harap ia. (kominfo)